Rabu, 09 Desember 2009

KAPITALISME

Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi dimana individu secara pribadi melakukan kegiatan produksi,pertukaran barang,dan jasa pelayanan melalui sebuah jaringan pasar dan harga yang kompleks.
kata kapitalisme pertama kali diperkenalkan oleh Karl Marx pada abad ke-19.sistem kapitalisme pertama kali muncul pada era Revolusi Industri pada abad ke-18.Dimasa ini banyak bermunculan para pemilik modal yang menguasai peralatan-peralatan industri.Tujuan kapitalisme adalah biaya produksi yang murah dan keuntungan yang tinggi.
Kapitalisme muncul setelah feodalisme runtuh dengan secara garis besar , terbagi menjadi tiga fase :

1) Kapitalisme Awal (1500-1750)

Pada masa ini masih mengacu pada kebutuhan pokok yang ditandai dengan hadirnya industri sandang di Inggris sejak abad XVI sampai abad XVIII. Dan berlanjut pada usaha perkapalan, perdagangan, bahan – bahan mentah, barang – barang jadi dan variasi bentuk kekayaan yang lain. Dan kemudian berubah menjadi perluasan kapasitas produksi dan talenta kapitalisme ini yang kemudian hari justru banyak menelan korban. Diperkotaan, para saudagar kapitalis menjual barang – barang industri mereka dalam satu perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Mula – mula mereka menjual barang pada teman sesame sausagar seperjalanan, lalu berkembang menjadi perdagangan public. Sementara di wilayah perdesaan saat itu masih cenderung feodalistik.

2) Kapitalisme Klasik (1750-1914)

Pada fase ini merupakan pergeseran dari perdagangan public ke bidang industri yang ditandai oleh Revolusi Industri di Inggris dimana banyak diciptakan mesin – mesin besar yang sangat menunjang industri. Di fase inilah terkenal tokoh yang disebut “Bapak Kapitalisme” dengan bukunya yang sangat terkenal “The Wealth Of Nations” (1776) dimana salah satu poin ajarannya laissez faire dengan invisible hand-nya (mekanisme pasar). Pada fase ini kapitalisme sering mendapat hujatan bebas pedas dari kelompok Marx.

3) Kapitalisme Lanjut (1914- sekarang)

Momentum utama fase ini adalah terjadinya Perang Dunia I, kapitalisme lanjut sebagai peristiwa penting ini ditandai paling tidak oleh tiga momentum. Pertama, pergeseran domonasi modal dari Eropa ke Amerika. Kedua, bangkitnya kesadaran bangsa – bangsa di Asia dan Afrika sebagai akses dari kapitalisme klasik, yang kemudian memanifestasikan kesadaran itu dengan perlawanan. Ketiga, revolusi Bolshevik Rusia yang berhasrat meluluhkanlantakan institusi fundamental kapitalisme yang berupa pemilikan secara individu atas penguasaan sarana produksi, struktur kelas social, bentuk pemerintahan dan kemapanan agama. Dari sana muncul ideology tandingan yaitu komunisme.
negara-negara yang menganut kapitalisme :
*AS
*INGGRIS
*JERMAN

Sumber :
*www.google.com
*buku sejarah SMA kelas XI penerbit esis
*www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar