Sabtu, 13 Februari 2010

Tips Berjalan Aman di Eskalator

1. Selalu melihat ke depan, searah dengan jalannya eskalator. Hal ini untuk mengantisipasi, apabila didepan ada halangan atau batas eskalator atau pengguna eskalator di depan anda terjatuh.
2. Berpeganganlah pada handrail yang disediakan sehingga kita tidak mudah terjatuh. Karena dalam posisi di eskalator kehilangan keseimbangan sangat mudah terjadi.
3. Hindari bagian tepi dari setiap anak tangga, karena sangat beresiko menjepit kita. Biasanya ada garis batas warna kuning ditepi anak tangga tersebut sebagai pembatas tempat kaki kita.
4. Menggunakan alas kaki yang aman, karena beberapa alas kaki tidak diperkenankan untuk digunakan saat berada di eskalator.
5. Hindari membawa anak didalam stroller saat menggunakan eskalator. Saya pernah mengalami saat membawa anak menggunakan stroller, ternyata roda depan tertahan di akhir eskalator sehingga saya menabrak stroller saya dan hampir kehilangan keseimbangan. Lebih disarankan menggunakan lift, tetapi apabila terpaksa lebih baik posisi anak tidak didalam stroller tersebut.
6. Berikan informasi mengenai bahaya dari penggunaan eskalator yang tidak tepat. Misal bermain diatas eskalator, atau tidak berpegangan pada handrail dsb.
7. Temukan tombol untuk mematikan eskalator yang biasanya terletak di bagian kedua ujung eskalator tersebut. Tetapi saya pernah mencoba di beberapa mall mematikan eskalator dengan cara menendang dinding eskalator di bagian dalam. Sehingga apabila kita akan mematikan eskalator dan posisi kita masih ditengah kita bisa menendang dindingnya. Hanya posisi sensor tersebut tidak terlihat dari luar, sehingga kadangkala kita harus menendang di beberapa titik sampai eskalator akhirnya berhenti. Silahkan anda coba, tetapi jangan ketahuan orang lain kalau anda yang mematikan eskalator, bisa kena marah nanti :)

Bertindak aman untuk hidup yang lebih baik.

http://www.hidupaman.com/index.php/tips-berjalan-aman-di-eskalator.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar