Jumat, 21 Juni 2013

Akuntansi Perpajakan

Pengertian
Suatu seni dalam mencatat, menggolongkan, mengihtisarkan serta menafsirkan transaksi-transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan dan bertujuan untuk menentukan jumlah penghasilan kena pajak (penghasilan yang digunakan sebagai dasar penetapan beban dan pajak penghasilan yang terutang) yang diperoleh atau diterima dalam suatu tahun pajak untuk dipakai sebagai dasar penetapan beban dan/atau pajak penghasilan yang terutang oleh perusahaan sebagai wajib pajak.

Dari kutip dari sumber Wikipedia, Akuntasi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuatan keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Mungkin terlalu rumit bagi anda, mari kita pugar satu per satu poin-poin dari pengertian tersebut.

Akuntansi memiliki tiga poin pokok penting yaitu, pengukuran, penjabaran dan pemberian kepastian mengenai informasi yang telah diukur dan dijabarkan. Maka dalam akuntansi akan terdapat banyak sekali metode pengukuran yang mana diharapkan dapat mengukur alokasi. Selain itu dibutuhkan penjabaran setelah semuanya melalui pengukuran, artinya akuntansi tidak hanya mengukur sesuatu tapi menjabarkannya menjadi terperinci sehingga mewakili pengukuran dan kepastian tentang informasi. Akuntansi sering dikaitkan dengan hitung menghitung uang. Nah contoh sederhananya saja, kita mengukur sebarapa besar anggaran kehidupan kita dalam satu bulan. Kita mungkin bisa mengukur dan menentukan nominalnya, setelah itu kita menjabarkan apa saja yang menjadi kebutuhan kita selama satu bulan secara terperinci dan memastikan apakah penjabaran kita sesuai dengan pengukuran sebelumnya.

Beberapa pengertian lain tentang akuntansi terdapat dalam American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA) mendefinisikan akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtsaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian â?? kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil â?? hasilnya.

Beda lagi dengan Charles T. Horngren dan Walter T.Harrison yang menyebutkan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memroses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Ada pula American Accounting Association yang mendefinisikan akuntansi sebagai proses mengidentifisikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Perlunya akuntansi pajak untuk dipelajari dan diketahui selain akuntansi keuangan adalah karena :

Pajak penghasilan seringkali dikenakan atau dipungut atas dasar berbagai asas, tujuan, dan pertimbangan-pertimbangan yang sebagian besar diantaranya justru tidak berhubungan dengan penentuan laba rugi periodik atau penetapan beban dan pendapatan sebagai salah satu tujuan pokok akuntansi keuangan. Sehingga untuk melaksanakan kewajiban pajak dengan benar terutama dalam pengisian dan pelaporan SPT Tahunan sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari akuntansi pajak.

Sumber : http://www.google.com/#q=pengertian+akuntansi+perpajakan&revid=763204565&sa=X&psj=1&ei=VYbEUfT8G4TmrAfi_oDwCA&ved=0CHQQ1QIoAQ&bav=on.2,or.r_qf.&bvm=bv.48293060,d.bmk&fp=59661764585db4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar